Upaya Menurunkan Angka Covid-19, IDI Jaksel Imbau Masyarakat untuk Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

- 4 November 2020, 12:11 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/fernando zhiminaicela/

JAKSELNEWS.COM - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Jakarta Selatan mengimbau seluruh masyarakat, termasuk masyarakat Jakarta Selatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti selalu menggunakan masker sesuai dengan anjuran ketika di luar rumah, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan angka positif Covid-19 di DKI Jakarta. 

Dikutip dari Antara News, Ketua IDI Kota Jakarta Selatan, M Yadi Permana, mengatakan bahwa penggunaan masker merupakan hal yang sangat penting dan berperan dalam mencegah terinfeksinya virus Covid-19.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, menurut Yadi, akan sangat membantu dalam memutus rantai penyebaran hingga 80 persen. 

Yadi mengatakan jika menggunakan masker sesuai dengan yang dianjurkan maka masker tersebut akan membantu dalam penyebaran melalui tetesan kecil (droplet) yang dihasilkan ketika orang lain sedang batuk, bersin, ataupun berbicara.

Menurut WHO, masker yang sesuai dan dianjurkan untuk digunakan oleh masyarakat adalah masker kain yang memiliki dua lapisan, bukan hanya satu lapisan. Pemakaian masker kain dua lapis ini juga direkomendasikan untuk dipakai di luar ruangan tidak boleh lebih dari tiga-empat jam dan disarankan untuk langsung dicuci di hari itu juga.

Masyarakat diminta membawa minimal dua cadangan masker kain ketika berpergian ke luar rumah, karena jika masker kain sudah dipakai selama berjam-jam dan basah maka masker menjadi tidak efektif.

“Karena masker itu menjadi basah tentunya sudah tidak efektif lagi untuk menghambat dari penyebaran corona itu sendiri,” ujar Yadi.

Selain itu jika hendak mengganti masker ke masker bersih, masyarakat diminta untuk mencuci tangan terlebih dahulu agak kebersihan masker tetap terjaga dan efektif dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Lebih lanjut, selain memakai masker, masyarakat juga harus tetap selalu mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di luar rumah.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x