Hari ini, Aceh Diguncang Gempa M 4,9

- 5 Maret 2021, 13:05 WIB
Gempa Aceh 14 November 2020
Gempa Aceh 14 November 2020 /BMKG @infobmkg/BMKG/Juniar

JAKSELNEWS.COM - Gempa mengguncang Aceh dengan magnitudo 4,9 pada hari Jumat, 5 Maret 2021 pukul 06.36 WIB. Kabarnya pusat gempa terdeteksi berada di darat.

Melalui akun Twitter resmmi BMKG @infobmkg, BMKG menjelaskan jika gempa berada di koordinat 4,89 Lintang Utara (LU) dan 96,01 Bujur Timur (BT). Tepatnya 32 kilometer Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya. 

Guncangan gempa dirasakan pada skala MMI IV Tangse, yang artinya guncangan gempa dapat dirasakan oleh orang-orang yang ada di dalam rumah, luar rumah, gerabah pecah, dan dinding berbunyi.

Baca Juga: Masyarakat Dihimbau Untuk Berhati-hati Terhadap Penipuan Vaksin

Selain itu juga dirasakan MMI II-III Nagan Raya, MMI II Banda Aceh dan MMI II Aceh Besar. Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Saat ini belum ada laporan korban atau kerusakan terkait gempa ini.

Sebelumnya BMKG sempat merilis catatan tentang peningkatan gempa yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia baik di Pulau Sumatera, Selatan Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur hingga kepulauan Sulawesi dan Maluku.

Baca Juga: Mari Simak Gunung di Indonesia Yang Berpotensi Timbulkan Tsunami

Salah satu wilayah yang mengalami peningkatan gempa ayaitu Bengkulu hingga Lampung serta Pulau Enggano, Nias.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x