Telah Disetujui BPOM, Obat Covid-19 Buatan Indonesia Akan Dipasarkan Minggu Depan!

- 5 Oktober 2020, 18:37 WIB
Favipiravir, obat hasil produksi dari PT Kimia Farma, Tbk. yang dapat digunakan untuk terapi Covid-19.
Favipiravir, obat hasil produksi dari PT Kimia Farma, Tbk. yang dapat digunakan untuk terapi Covid-19. /ANTARA/Dok Humas Bio Farma/pri.

JAKSELNEWS.COM - Diketahui bahwa dua anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Farmasi, yaitu PT Kimia Farma, Tbk. dan PT Indofarma, Tbk. sudah mampu memproduksi obat covid-19 sendiri.

Kimia Farma memproduksi Favipiravir, sedangkan Indofarma memproduksi Oseltamivir 75 gr Caps.

Demikian hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir, di sela-sela rapat koordinasi Holding BUMN Farmasi di Jakarta, 4 Oktober 2020. 

Basyir menjelaskan bahwa dalam waktu dekat Indofarma juga akan memasarkan Remdesivir dengan nama dagang Desrem™.

"Bergabungnya entitas BUMN farmasi dalam naungan holding memang diharapkan dapat membantu pemerintah untuk percepatan penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia," katanya melalui siaran pers, sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari berita artikel Pikiran-Rakyat.com dengan judul Obat Corona Buatan Indonesia Dipasarkan Pekan Depan, Telah Disetujui BPOM.

Menurut dia, peran anak perusahaan mulai dari sisi pencegahan melalui penyediaan vaksin, hingga penanganan melalui pengobatan dan pemberian multivitamin, maupun melalui penyediaan alat kesehatan. 

Favipiravir sendiri adalah obat besutan Kimia Farma yang dapat dipergunakan untuk terapi Covid-19. 

Sedangkan, Oseltamivir 75 gr Caps merupakan antiviral unggulan yang saat ini telah menjadi rujukan sebagai protokol pengobatan Covid-19 di berbagai rumah sakit. 

Sementara itu, Remdesivir dengan nama dagang Desrem™ adalah obat Corona yang diproduksi Mylan Laboratories Limited, atas lisensi dari Gilead Sciences Inc, Foster City dan United States of America. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x