Inovasi Baru Setelah Pandemi, Online Conference atau Meeting dengan Virtual Reality Ternyata Lebih Terjangkau

- 27 Maret 2021, 09:59 WIB
ILUSTRASI// Penggunaan Virtual Reality (VR) untuk menggantikan Zoom
ILUSTRASI// Penggunaan Virtual Reality (VR) untuk menggantikan Zoom /Pexels/Andrea Piacquadio./.*/Pexels/Andrea Piacquadio.

JAKSELNEWS.COM - Banyak agenda perusahaan yang terpaksa dibatalkan setelah pandemi Covid-19 melanda dunia. Training, konferensi pertemuan antar pemerintah, serta rapat perusahaan.

Biasanya perusahaan menggunakan Zoom, Webex, Microsoft Teams, atau Google Meet untuk menggantikan pertemuan yang tidak dapat dilangsungkan tatap muka. Namun, penggunaan platform tersebut terkadang membuat suasana menjadi canggung dan tidak sepenuhnya efektif. 

Namun, adakah kemungkinan munculnya pilihan lain setelah lebih dari satu tahun terjadinya pandemi? Ternyata pilihan tersebut sudah dicoba oleh Civil Air Patrol (CAP) pada bulan ini. 

Baca Juga: Peringati Tiga Tahun Debut, Ini Lirik Lagu Piece dari Changbin dan Seungmin Stray Kids

CAP mengadakan Cadet Programs Conference dalam tiga hari yang seluruhnya memanfaatkan platfom Virtual Reality (VR) Virbela. Cadet Programs Conference ini merupakan program rutin CAP selama lebih dari 46 tahun. 

Acara ini menghadirkan 500 mahasiswa akademi militer dari usia 12 hingga 21 tahun setiap tahunnya. Acara ini bertujuan untuk networking dan pengembangan profesional. 

Virbela dipilih menjadi alternatif selain platform tradisional untuk online meeting. Berdasarkan situs resminya, Virbela menciptakan dunia virtual dengan ruang yang mungkin hilang setelah online meeting kerap diadakan melalui Zoom, Google Meeting, atau Webex. 

Baca Juga: Kesehatan Mental Selama Pandemi Jadi Isu Penting, Simak Cara Mengatasi Paranoid Selama Pandemi

Dengan teknologi ini, para mahasiswa muda dibimbing dalam dunia virtual yang lengkap dengan auditorium, paviliun, kelas, dan bahkan pantai dengan mercusuar. Berdasarkan jumlah, platform VR ternyata membuat konferensi menjadi lebih terjangkau. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Forbes


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x