Demi Kesehatan, Simak Perbedaan dan Manfaat Nasi Merah dan Nasi Shirataki

- 19 Maret 2021, 13:28 WIB
Nasi merah dan nasi shirataki (Kolase)
Nasi merah dan nasi shirataki (Kolase) /Jakselnews

JAKSELNEWS.COM - Karbohidrat merupakan salah satu kebutuhan tubuh untuk menjalankan fungsi dan aktivitas sehari-hari. Nasi putih identik dengan kandungan gula yang tinggi karena hampir seluruhnya terdiri dari karbohidrat dalam bentuk pati. 

Selain nasi merah, kini nasi shirataki pun cukup sering digunakan sebagai pengganti nasi putih. Lalu apa perbedaan dan manfaat nasi merah dan nasi shirataki? Benarkah bermanfaat bagi kesehatan Anda?

Nasi Merah

Nasi merah berasal dari beras yang utuh yang hanya mengalami proses pengelupasan kulit. Proses pengolahan yang lebih singkat menjadikan nasi merah memiliki nutrisi yang lebih banyak ketimbang nasi putih. 

Baca Juga: Perlu Pemeriksaan Ulang Soal Impor Beras, Begini Kondisi Beras Indonesia Saat Ini

Dalam 200 gram nasi merah, terdapat sekitar 3 hingga 3,5 gram serat. Selain itu, nasi merah juga mengandung kalium, magnesium, natrium, dan zat besi. Faktanya, Anda mungkin akan merasa lebih kenyang saat mengkonsumsi beras merah. 

Adanya serat yang lebih tinggi pada nasi merah membantu Anda membersihkan dan mempermudah proses pencernaan Anda. Nasi merah juga memiliki kandungan selenium yang tinggi. 

Selenium merupakan mineral yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Komponen nasi merah juga memungkinkan Anda mendapatkan protein dan karbohidrat sekaligus yang dapat membuat Anda lebih berenergi. 

Baca Juga: Jadi Show Stealer di Drama Sisyphus: The Myth, Chae Jong Hyeop Kebanjiran 2 Drama

Nasi Shirataki

Pernahkah Anda mendengar nasi atau mie shirataki? Nah, ternyata jenis nasi ini dapat menggantikan nasi putih sekaligus nasi merah. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x