Berikut Beberapa Tips Olahraga Ringan pada saat Dirumah

- 31 Juli 2021, 21:58 WIB
Ilustrasi olahraga. Jadwal acara RTV hari ini ada Sportivi
Ilustrasi olahraga. Jadwal acara RTV hari ini ada Sportivi /PIXABAY

JAKSELNEWS.COM - Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, pastinya aktivitas baiknya dilakukan dirumah, termasuk olahraga.

Olahraga harus tetap dilakukan, karena untuk menjaga ketahanan tubuh agar terhindar dari  Virus Covid-19, yang sampai saat ini belum ada obatnya. 
 
Di dalam situasi seperti ini, ada 5 tips gerakan ringan yang bisa dilakukan selama di rumah :
 
1. Push Up 
 
Push up merupakan gerakan yang awam dikenal orang. Gerakan ini sangat bagus untuk meningkatkan stamina, membangun kekuatan, membakar kalori serta meningkatkan kebaikan mental.
 
Caranya : Berbaringlah di lantai dan letakkan telapak tangan di sisi dadamu. Tekuk siku sedikit, dorong tubuh ke atas sampai lenganmu hampir lurus. Lalu, perlahan-lahan turunkan kembali tubuhmu
 
 
2. Jumping Jack 
 
Merupakan gerakan kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika gerakan ini rutin dilakukan, bisa membuat kondisi jantung dan ototmu lebih kuat, dan sangat membantu untuk menurunkan berat badan.
 
Gerakan jumping jack yang banyak mengandalkan lompatan juga bisa membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Gerakan ini juga mampu meminimalisir stres selama aktivitas di rumah saja.
 
Caranya : Berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan di samping tubuh. Lompat bersama sambil mengangkat tanganmu di atas kepala dan pisahkan kakimu. 
 
Lalu, balikkan gerakan dan kembali ke posisi semula. Selanjutnya, mulailah melakukannya lebih cepat.
 
 
3. Plank
 
Gerakan yang terasa mudah ini ternyata memiliki banyak manfaat. Jika dilakukan dengan rutin, gerakan plank bisa membantu meregangkan otot-otot kaki. Tak hanya itu, gerakan ini juga bisa menambah tinggi badanmu, meningkatkan definisi otot serta membantu mengurangi sakit punggung.
 
Caranya : Posisikan tubuh dengan kedua tangan dan lutut yang bertumpu di lantai untuk meregangkan tulang belakang. Sejajarkan bahu tepat di atas tumpuan tangan dan regangkan tulang belakang dengan mengangkat kepala. Tahan posisi ini selama 1 menit.
 
4. Squat
 
Gerakan terakhir yang bisa dilakukan di rumah adalah squat. Dengan melakukan gerakan ini bisa membantu kondisi otot dan persendian tubuh bagian bawah menjadi lebih baik, sehingga bisa menambah tinggi badanmu.
 
Caranya : Gerakan dasar squat cukup mudah dilakukan. Tinggal berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut.
 
 
5. Downward-facing dog
 
Downward-facing dog adalah salah satu gaya yang bisa membantu kamu untuk meredakan sembelit, mengurangi ketegangan dan meredakan nyeri otot.
 
Caranya : Rebahkan tubuh dengan posisi tengkurap di atas alas atau lantai. Perlahan, angkat tubuh, lalu bokong ke arah langit-langit. Usahakan tulang punggung selurus mungkin. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.
 
Berikut tips-tips yang bisa dilakukan selama dirumah, silahkan dicoba di rumah. Tetap terapkan protokol kesehatan, dengan cara mencuci tangan sampai bersih kalau bisa dengan air yang mengalir, pakai masker dan jangan lupa jaga jarak ketika diluar rumah.***
 

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x