Apa Itu Narasi, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan COntohnya

- 6 Oktober 2021, 10:49 WIB
Ilustrasi menulis.
Ilustrasi menulis. /Pixabay/

JAKSELNEWS.COM - Pengertian narasi. Narasi adalah salah satu jenis teks yang digunakan dalam berbagai kepentingan. Narasi kerap ditemukan dalam tulisan seperti novel, cerpen, naskah drama, hingga karya ilmiah. Narasi adalah bagian dari bercerita secara runut.

dasar cerita, teks yang bukan dialog atau materi kutipan. Teks narasi adalah jenis tulisan yang sangat sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Narasi adalah teks yang tidak hanya digunakan dalam sastra, nonfiksi sastra, atau studi akademis. Narasi adalah teks yang juga digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan seperti laporan kinerja, kejadian, dan banyak lagi.

Baca Juga: Begini Cek Tarif Ongkir Pos, Dan Pengiriman Lainnya di Seluruh Indonesia

Narasi berasal dari kata kerja latin "narrare" yang berarti mengatakan. Kata ini berasal dari kata sifat gnarus yang berarti mengetahui atau terampil.

Berkarir sebagai penulis harus memahami berbagai jenis paragraf, salah satunya teks narasi. Karena, pemahaman tentang berbagai jenis teks paragraf akan memudahkan penulis menuangkan pikiran, imajinasi, pengalaman dan ide ceritanya ke dalam sebuah tulisan. 

Jadi, penulis sangat perlu memahami penulisan ini agar mampu menuangkan ceritanya secara lengkap dan runtut. Sehingga pembaca pun lebih mudah memahami ceritanya.

Baca Juga: BRI Berikan Kemudahan Transaksi Perbankan Pada Tzu Chi Hospital

Sebelum memahami karakteristik, unsur-unsur dan struktur penulisann narasii yuk pahami dulu pengertiannya

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X