Ini 5 Manfaat Saffron untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

- 13 Desember 2021, 08:29 WIB
Ilustrasi saffron. Berikut manfaat saffron untuk kesehatan, cukup konsumsi 3 helai saja sebut dr. Zaidul Akbar.
Ilustrasi saffron. Berikut manfaat saffron untuk kesehatan, cukup konsumsi 3 helai saja sebut dr. Zaidul Akbar. /Pexels.com/Mohammad Amiri

JAKSELNEWS.COM - Saffron merupakan putik bunga crocus sativus yang umumnya berasal dari daerah Timur Tengah seperti Afganistan. Saffron juga termasuk rempah-rempah yang bisa digunakan sebagai penyedap, perisa, dan pewarna makanan. 

Meskipun lebih dikenal sebagai bumbu masakan, Saffron juga bisa digunakan untuk kesehatan, tak heran jika Saffron dikatakan sebagai rempah termahal di dunia karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Selain itu, Saffron dikatakan sebagai rempah termahal di dunia tidak lain karena cara penanaman dan cara panennya yang rumit serta membutuhkan teknik khusus.

Dikutip Jakselnews.com dari Halodoc, berikut manfaat Saffron bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui :

1. Sumber Antioksidan yang Baik

Dilansir dari Healthline, Saffron mengandung berbagai senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan. Yakni, molekul atau senyawa yang melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. 

Antioksidan alami yang terkandung pada saffron yakni crocetin, safranal, kaempferol, dan crocin. Pada senyawa crocin dan crocetin adalah pigmen karotenoid yang memberikan warna merah pada saffron.

Kedua senyawa tersebut dapat sebagai antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, meredakan peradangan, serta membantu menurunkan berat badan. 

2.Memperbaiki Suasana Hati dan Gejala Depresi

Pada 2013 lalu, sebuah penelitian berjudul Saffron (Crocus sativus L.) and major depressive disorder: a meta-analysis of randomized clinical trials, menunjukkan bahwa asupan saffron secara signifikan lebih efektif mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. Kondisi tersebut bila dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan dengan efek plasebo.

3. Berpotensi Mengatasi Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada saffron membuatnya dapat disebut sebagai memberantas kanker. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x