Ini Dia Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan, Berpotensi Mencegah Flu Lho!

- 14 Desember 2021, 12:34 WIB
Ilustrasi Yogurt dengan perpaduan buah-buahan dan makanan lainnya
Ilustrasi Yogurt dengan perpaduan buah-buahan dan makanan lainnya /Unsplash/Anto Meneghini

JAKSELNEWS.COM - Yogurt merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Yogurt sendiri berasal dari negara-negara di Asia Barat dan Timur Tengah.

Kaya akan kandungan protein hewani, Yogurt juga kaya akan vitamin dan mineral yang juga terdapat dalam susu. Diketahui Yogurt kaya akan kalsium, vitamin B2, B12, fosforus, potasium, dan magnesium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Melansir dari Alo dokter, yogurt memiliki kandungan nutrisi, di dalam 1 cangkir atau sekitar 235 gram yoghurt, terkandung sekitar 150  kalori dan beragam nutrisi seperti 8 gram protein, 8 gram lemak, 11 gram karbohidrat, 11 gram gula, 113 miligram sodium.

Berikut beberapa manfaat Yoghurt untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1.Menjaga kekuatan tulang

Kandungan protein dan vitamin D di dalam yoghurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Maka dari itu, Yoghurt baik dikonsumsi untuk mencegah masalah pada tulang, seperti osteoporosis. Untuk Lansia pun dapat mengkonsumsinya, karena tekstur yoghurt yang lembut dan kental juga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh,

2.Menurunkan dan mengontrol berat badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, mungkin yogurt bisa jadikan menu makanan Anda, karena Yogurt termasuk makanan tinggi protein dan kalsium yang dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Selain itu, tekstur yogurt yang kental bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3.Menjaga kesehatan pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, konstipasi, radang usus, dan bahkan dipercaya sebagai obat alami untuk hernia.

4.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Yogurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan probiotik di dalam yoghurt memiliki efek anti peradangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus. Yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D juga terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.

Anda dapat menikmatinya yogurt dengan menambahkan potongan buah dan kacang-kacangan. Yoghurt juga baik dikonsumsi dengan roti gandum saat sarapan.***

Editor: Husain F.P

Sumber: alodokter.com


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x