Pernah Mengalami Self Harm? Lakukan Cara Ini untuk Mencegahnya

- 14 Desember 2021, 15:05 WIB
ilustrasi berbicara antar individu
ilustrasi berbicara antar individu /Unsplash.com/Priscilla Dupreez

JAKSELNEWS.COM - Saat seseorang merasakan emosi yang begitu mendalam, mereka akan melakukan hal apapun untuk melampiaskannya. Seperti melakukan self harm agar meredakan emosi tersebut.

Melansir dari Halodoc, Self harm sendiri merupakan  perilaku menyakiti atau melukai diri sendiri. Hal ini dilakukan dengan sengaja untuk mendapatkan perasaan atau kepuasan tersendiri. Maka dari itu, self harm merupakan salah satu bentuk dari gangguan perilaku yang berkaitan dengan penyakit kejiwaan. 

Hal yang dapat memicu terjadinya self harm yakni mempunyai riwayat trauma, masalah sosial serta gangguan mental. Dilansir Jakselnews.com dari berbagi sumber, berikut cara mencegah terjadinya self harm yang bisa membahayakan diri sendiri :

1.Berbicara dengan teman dekat

Cara ini bisa mencegah self harm, dengan berinteraksi dengan teman dekat, Anda bisa menceritakan masalah yang Anda alami. Cobalah selama 15 menit berbicara dengan orang lain jika kamu berhasil melewatinya tanpa melukai diri sendiri, berikan pujian pada diri sendiri artinya Anda berhasil, lakukan sampai merasa lega.

2.Melakukan kegiatan yang positif

Dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, ini bisa mencegah Anda melukai diri. Selain itu bisa dilakukan dengan berkegiatan sesuai hobi, menonton film, mendengarkan musik, melukis, dan lain-lain

3.Menulis

Banyak penelitian yang telah menjelaskan manfaat menulis untuk kesehatan mental, bahkan menulis bisa mencegah tindakan saat individu berhadapan dengan dorongan untuk melukai diri sendiri. 

Menulis sangat membantu dalam mengidentifikasi kapan dorongan untuk menyakiti diri sendiri paling kuat dan bagaimana perasaan individu tersebut.

4.Jauhkan benda-benda tajam di sekitar lingkungan

Cara cegah self harm, bisa Anda lakukan dari hal-hal seperti ini, menjauhkan diri dari benda tajam seperti gunting, pisau, silet dan benda tajam lainya. 

Sebagai gantinya biarkan diri untuk lebih fokus pada satu hal misalnya memandang lukisan, memandang batu, menghitung mundur dari 100-1, merobek kertas jadi serpihan kecil dan memencet bubble wrap atau berlatih teknik pernapasan.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x