Apa itu Spinal Cord Injury ? Kondisi yang Sempat Dialami Oleh Laura Anna, Ini Penjelasannya

- 16 Desember 2021, 12:37 WIB
Ilustrasi sakit punggung dan leher
Ilustrasi sakit punggung dan leher /Pexels/Karolina Grabowska

JAKSELNEWS.COM - Selebgram Laura Anna meninggal dunia setelah dirinya mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan bersama dengan mantan kekasihnya yakni Gaga Muhammad pada 2019 lalu.

Wanita 21 tahun itu mengalami spinal cord injury selama dua tahun terakhir ini. Banyak orang yang belum mengetahui apa itu spinal cord injury yang dialami oleh Laura.

Apa itu spinal cord injury yang diderita Laura Anna, berikut penjelasannya yang dilansir Jakselnews.com dari berbagai sumber terkait

Melansir dari halodoc, cedera saraf tulang belakang atau spinal cord injury adalah luka atau kerusakan yang terjadi pada saraf tulang belakang atau saraf yang terletak di ujung saluran (kanal) tulang belakang. 

Kondisi cedera ini bisa menyebabkan dampak permanen pada kekuatan, sensasi, dan fungsi organ tubuh lain. 

Diketahui bahwa sumsum tulang belakang merupakan sekumpulan saraf dan jaringan yang dilindungi oleh tulang belakang. Sumsum tulang belakang bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan dari otak ke seluruh bagian tubuh

Hal tersebut dapat terjadi akibat adanya cedera sumsum tulang belakang yang dekat dengan bagian leher. Mengingat sumsum tulang belakang terletak memanjang dari otak bagian bawah hingga dekat pantat.

Cedera pada saraf tulang belakang dapat mempengaruhi fungsi motorik dan sensorik tubuh. Dari rasa sakit, mati rasa, hingga kelumpuhan. Hal ini akan bergantung pada tingkat keparahan dan lokasi cedera.

Hilangnya kemampuan untuk bergerak akibat cedera pada saraf tulang belakang dapat dibagi lagi menjadi dua kategori, yaitu:

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x