Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Simak Penjelasannya

- 28 Desember 2021, 09:05 WIB
Ilustrasi 5 jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil selama mengandung
Ilustrasi 5 jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil selama mengandung /Pixabay.com

JAKSELNEWS.COM - Saat masa kehamilan, para Ibu sangat menjaga makanan atau minuman yang dikonsumsi agar sang bayi lahir dengan sehat. 

Ada kalanya dokter memberikan saran untuk menghindari makanan dan minuman tertentu. Tentunya, hal ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu hamil.

Salah satunya, ibu hamil dilarang minum es, terutama di trimester awal kehamilan. Menurut beberapa kepercayaan, minum es saat hamil bikin sakit perut, bayi jadi kaget, sampai memicu asma pada si kecil.

beredar juga di masyarakat terkait ibu hamil minum es atau mengonsumsi makanan dingin. Salah satunya adalah minum es dapat menyebabkan bayi sakit, atau lahir dengan ukuran dan berat badan di atas rata-rata.

Benarkah hal itu?

Mengutip dari Halodoc, hal itu tidaklah benar terjadi. Artinya, minum air es saat hamil tidak dilarang . 

Baca Juga: Resmi! PA Jakpus Tolak Permohonan Doddy Sudrajat Atas Perwalian Gala dan Ahli Waris Vanessa Angel

Banyak beredar mitos yang menyebutkan bahwa minum air es saat hamil bisa mengakibatkan bayi menjadi lebih besar. Namun, hal tersebut sebenarnya bukan terjadi karena ibu minum air es. 

Jika ibu mengonsumsi es bersamaan dengan air soda atau minuman dengan kandungan gula maupun kalori yang tinggi, risiko ibu terkena diabetes gestasional akan semakin tinggi. Hal inilah yang membuat bayi menjadi lebih besar. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x