Ini 7 Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kencing Batu hingga Mencegah Kanker

- 6 Januari 2022, 07:06 WIB
Khasiat dan Kegunaan Kencur untuk Mengobati Muntah-muntah.
Khasiat dan Kegunaan Kencur untuk Mengobati Muntah-muntah. /Pexels.com/Karolina Grabowska

JAKSELNEWS.COM - Kencur atau cekur adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat. Nama lain dari kencur yakni Kaempferia galanga ini dipercaya mempunyai segudang khasiat.

Kencur biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan obat herbal. Kencur juga dimanfaatkan sebagai ramuan obat sampai minuman.

Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran umumnya berada di Asia, antara lain di Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.

Manfaat kencur yang begitu beragam ternyata tak lepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah serat, protein, fosfor, kalium, magnesium, selenium, zat besi, dan zinc.

Baca Juga: Teaser Drama Park Minyoung dan Song Kang ‘Weather People’ Resmi Dirilis!

Berikut ini beberapa manfaat kencur untuk kesehatan, yang dilansir dari berbagai sumber terkait, diantaranya:

1.Mencegah munculnya sel kanker

Kanker terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan abnormal pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan mutasi atau perubahan genetik. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, sel kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan semakin sulit diobati atau bermetastasis. 

Ternyata, munculnya sel kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi kencur. Kandungan senyawa di dalam rempah berwarna putih pucat ini diyakini mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x