Tipe-Tipe Depresi yang Harus Kamu Waspadai, Ini Penjelasannya

- 6 Januari 2022, 09:40 WIB
Ilustrasi depresi. Kiat mengatur ulang hidup ke jalur yang benar.
Ilustrasi depresi. Kiat mengatur ulang hidup ke jalur yang benar. /Pexels/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang serius dan cukup umum terjadi. Namun, jenis depresi ada banyak. Mulai dari yang ringan, sedang, hingga cukup parah dan berisiko mengancam nyawa. 

Selain merasa putus asa, orang yang menderita depresi biasanya sulit menjalani aktivitas sehari-hari dan cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. 

Seseorang dianggap memiliki depresi jika gejala-gejala tersebut berlangsung selama dua minggu atau lebih.

Menurut alodokter, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setidaknya ada 260 juta penderita depresi di seluruh dunia. Dari sekian banyak penderita depresi tersebut, diperkirakan ada 800.000 kasus kematian akibat bunuh diri yang disebabkan oleh depresi.

Baca Juga: 7 Macam Keju yang Wajib Kamu Ketahui, Pilih yang Mana?

Berikut ini beberapa  jenis depresi yang perlu diwaspadai, dilansir dari Halodoc, diantaranya :

1.Depresi Mayor

Depresi mayor adalah salah satu jenis depresi yang paling umum terdiagnosis. Jenis depresi ini ditandai dengan gejala kesedihan, putus asa, dan kesepian, yang berlangsung selama lebih dari dua minggu. Gejala depresi ini cukup serius dan berdampak pada kualitas hidup pengidapnya.

Beberapa gejalanya adalah tidak nafsu makan, tubuh terasa lemas, dan cenderung menghindar dari orang-orang di sekitar. Penyebabnya belum diketahui pasti. Namun, jenis depresi ini diduga berkaitan dengan faktor genetik, gangguan struktur kimia otak, dan trauma psikologis. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x