Ini 5 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan, Dapat Mencegah Demensia Lho!

- 6 Januari 2022, 12:01 WIB
Jangan mengonsumsi Kedelai Setiap hari.
Jangan mengonsumsi Kedelai Setiap hari. /NDTV.COM

JAKSELNEWS.COM - Kedelai merupakan kacang yang berasal dari Asia Timur dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Kacang kedelai dapat dikonsumsi secara langsung, yang lebih dikenal dengan sebutan edamame. 

Kedelai sebagian besar terdiri dari protein tetapi juga mengandung karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang baik. Protein yang terkandung dalam kedelai adalah protein utuh. Artinya, protein tersebut mengandung kesembilan asam amino yang ada.

Bahan-bahan dari olahan kacang kedelai ini tentunya dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol.

Di Indonesia, misalnya, kedelai digarap menjadi macam-macam olahan yang banyak digemari masyarakat, seperti susu, tahu, tempe, serta kecap asin.

Baca Juga: 6 Artis yang Mengadopsi Spirit Doll, Boneka yang Mirip dengan Bayi Manusia

Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, kacang kedelai sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Kacang kedelai juga umum dikonsumsi sebagai susu kedelai atau pengganti susu bagi orang yang alergi terhadap susu sapi.

Dilansir Jakselnews.com dari berbagai sumber, berikut manfaat kedelai untuk kesehatan :

1.Menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dikarenakan kacang kedelai memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x