Tak Banyak Diketahui! Ini 6 Manfaat Buah Alkesa untuk Kesehatan Tubuh

- 11 Januari 2022, 09:22 WIB
Buah alkesa
Buah alkesa /https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-alkesa/

JAKSELNEWS.COM - Alkesa atau sawo mentega merupakan buah berwarna kuning, salah satu jenis buah yang langka yang mempunyai banyak manfaat.

Di beberapa wilayah di Indonesia, buah ini memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang disebut Sawo Mentega, Sawo Belanda, Alkesa, atau Kanistel.

Bukan tidak mungkin, buah ini akan membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

Tekstur buah alkesa ini rasanya mirip dengan ubi rebus atau tapai singkong. Buah yang memiliki nama ilmiah Pouteria campechiana berasal dari Meksiko. Kini buah alkesa dapat ditemukan di sekitar kota Bandung atau di sekeliling Ragunan.

Baca Juga: Kalina Oktarani Minta Cerai, Vicky Prasetyo: Dia Udah Mulai Kayak Nggak Sanggup

Beberapa nutrisi yang terkandung pada buah alkesa adalah serat, zat tepung, mineral, kalsium, fosfor, karoten, thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin C. Kandungan energinya terdiri dari lemak, protein, dan karbohidrat.

Berikut ini manfaat buah alkesa bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari berbagai sumber terkait:

1.Menekan risiko kanker usus

Vitamin dalam buah alkesa bersifat antioksidan yang efektif dalam mencegah kanker. Terdapat juga senyawa penting di dalamnya yang turut menetralisir racun, virus, dan bakteri penyebab kanker usus. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya serat yang melimpah dalam buah ini.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x