Jangan Sampai Tertipu! Ini 4 Tips Cara Aman Belanja Online

- 12 Januari 2022, 11:59 WIB
Ilustrasi berbelanja online. Persaingan e-commerce di Indonesia kian ketat di masa pandemi. Kantar, sebuah perusahaan analisis data, wawasan, dan konsultasi terkemuka di dunia, mengadakan riset dan menemukan jawara e-commerce Indonesia tahun 2021.
Ilustrasi berbelanja online. Persaingan e-commerce di Indonesia kian ketat di masa pandemi. Kantar, sebuah perusahaan analisis data, wawasan, dan konsultasi terkemuka di dunia, mengadakan riset dan menemukan jawara e-commerce Indonesia tahun 2021. /Foto: Pexels/nataliya-vaitkevich-6214476/

JAKSELNEWS.COM - Di zaman modern dan serba canggih ini meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja secara online. Apalagi melihat situasi kondisi pandemi saat ini.

Belanja online dinilai sangat praktis karena sangat mudah menemukan barang yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah. Selain mudah dalam menemukan barang, belanja online juga menawarkan kemudahan dalam pembayaran. 

Dalam belanja online terkadang ada saja kejahatan media sosial yang kita temui, bermacam-macam tindak kejahatan terlebih lagi ketika kita belanja online.

Beberapa resiko dalam belanja online seperti, toko online yang bisa melakukan penipuan, kondisi barang yang diterima tidak sesuai deskripsi. Bahkan, penyalahgunaan data kamu untuk tujuan tertentu dan resiko-resiko lainnya.

Baca Juga: Jay Park Mundur dari AOMG dan Akan Dirikan Agensi Baru

Namun kita tetap harus berhati-hati dalam melakukan belanja online, karena tak jarang situs belanja online menyediakan barang palsu, tidak memenuhi aturan perbelanjaan, barang rusak bahkan barang tidak sampai ke tangan konsumen alias penipuan.

Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam belanja online :

1.Lebih teliti memilih toko online yang akan dibeli

Belakangan ini marak kasus penipuan lantaran konsumen tidak teliti dalam memilih toko online. Alangkah baiknya konsumen mengecek situs belanja online lebih cermat terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x