Muncul Uban di Usia Muda? Inilah 5 Alasan Hal Tersebut Bisa Terjadi!

- 18 Agustus 2020, 21:43 WIB
ILUSTRASI rambut.*
ILUSTRASI rambut.* /PEXELS/

JAKSELNEWS.COM - Biasanya, uban tumbuh karena usia yang menua. Namun, ternyata uban bisa tumbuh sebelum tua atau saat masih muda karena beberapa faktor seperti gen atau bahkan penyakit. 

Secara umum, rambut beruban terjadi ketika melanin pigmen atau warna alami berhenti terbentuk. Berikut adalah alasan mengapa rambut Anda dapat beruban lebih cepat sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul 5 Alasan Rambut Uban Muncul di Usia Muda, Stres Salah Satu Penyebabnya.

1. Mempunyai Kondisi Autoimun

Autoimun penyakit kulit yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan rambut kita beruban. Orang dengan kondisi ini mengembangkan bercak kecil, bulat, dan halus di kulit kepala, dan mereka dapat kehilangan rambut kepala atau tubuh mereka sepenuhnya, seperti yang dijelaskan oleh National Alopecia Areata Foundation (NAAF).

2. Tinggal di Lingkungan yang Tercemar

 

Menurut Library of Congress.Polutan dan racun dapat menyebabkan Anda beruban lebih cepat. Bahan kimia ini menghasilkan radikal bebas atau stres oksidatif yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut sehingga uban pun muncul.

3. Menderita dari Stres

 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini