Pemilik Penyakit Bawaan Ini Berisiko Terkena Gangguan Jantung Akibat Covid-19

- 27 Agustus 2020, 11:43 WIB
Ilustrasi Covid-19./Pixabay
Ilustrasi Covid-19./Pixabay /

JAKSELNEWS.COM - Risiko kematian akibat gangguan jantung bagi para pasien covid-19 ternyata tidak hanya ada pada mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung. Beberapa penyakit bawaan juga dapat memicu gangguan jantung akibat covid-19. Penyakit itu seperti hipertensi, stroke, serta diabetes.

Timbulnya gangguan jantung kepada para pasien covid-19 dengan sejumlah penyakit bawaan tersebut tentunya semakin meningkatkan risiko kematian.

"Covid-19 bisa involve jantung kita dan kalau sampai kena jantung kita ini sangat berbahaya," seperti disampaikan dokter spesialis jantung dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura, Nikolas Wanahita, dalam webinar, Jumat 21 Agustus 2020.

Berbagai macam gangguan jantung yang bisa muncul akibat covid-19 adalah gagal jantung, aritmia atau masalah irama jantung, kerusakan otot jantung karena serangan jantung atau ada penyumbatan di koroner atau inflamasi di otot jantung.

Tak hanya jantung, covid-19 juga bisa menyebabkan pasien terkena stroke dan penggumpalan darah di otak dan paru-paru. 

Semua ini komplikasi yang serius," kata Nikolas sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam artikel Covid-19 pada Mereka yang Miliki Penyakit Ini Berisiko Picu Gangguan Jantung yang Bahayakan Nyawa

Penyebab gangguan jantung juga bisa disebabkan oleh adanya viral load. Viral load diasosiasikan dengan keparahan infeksi Covid-19 pada seseorang. Semakin banyak infeksi Covid-19 dan rendahnya imunitas, akan mudah bagi orang tersebut untuk terkena gangguan jantung.

"Jika viral load masuk banyak, mungkin juga karena imunitas kurang kuat, terjadi badai sitokin berlebihan. Ada enzim karena sitokin naik, menyebabkan sebabkan inflamasi, hipertensi, darah menjadi kental, ketiganya ini yang menyebabkan jantung jadi bermasalah," jelas Nikolas.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini