Gampang Cemas dan Emosi, Dampaknya Bisa Begini

- 29 September 2020, 16:59 WIB
Cara mengatasi kecemasan bisa dilakukan dengan hal-hal kecil.
Cara mengatasi kecemasan bisa dilakukan dengan hal-hal kecil. /PIXABAY/Daniel Reche

Bagi Anda yang gampang cemas dan emosi, sebaiknya Anda mencoba untuk lebih sabar. Sebab gampang cemas dan emosi ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. 

Kecemasan dan emosi merupakan hal yang lumrah bagi manusia. Namun jika terlalu larut dan berlebihan maka akan sangat tidak baik bagi tubuh. 

Dilansir dari laman pikiran-rakyat.com dengan judul Jangan Larut dalam Emosi Jika Tak Ingin Miliki 4 Masalah Kesehatan Ini berikut 4 masalah kesehatan yang akan terjadi jika Anda gampang cemas dan emosi.  

Masalah berat badan 

Ilustrasi obesitas.*
Ilustrasi obesitas.* /Unsplash

Kecemasan berkaitan dengan adanya obsesi yang terlalu besar terhadap sesuatu. Hal tersebut ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi berat badan. Hal ini dikarenakan rasa obsesi terhadap suatu kekurangan yang ada pada bagian tubuh yang lain, bisa menyebabkan masalah pada berat badan . 

 

Risiko terkena penyakit jantung

Kenali gejala sakit jantung.
Kenali gejala sakit jantung. freepik.com

Terlalu depresi terhadap suatu masalah rupanya akan memberikan akibat yang fatal pada kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan rasa depresi atau kecemasan yang tinggi dapat meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit jantung koroner, hingga kesehatan jantung jatuh ke titik kritis. Di samping itu, rasa cemas dan depresi yang berlebihan akan memicu detak jantung berdetak lebih cepat daripada biasanya sehingga membuat jantung terpaksa beraktivitas lebih keras. 

Alergi dan Dermatitis

ALERGI debu ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Tak hanya itu, apakah Anda sudah mengenal dengan baik gejala alergi debu?
ALERGI debu ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Tak hanya itu, apakah Anda sudah mengenal dengan baik gejala alergi debu? PEXELS

Rasa ketakutan yang muncul secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan alergi hingga dermatitis pada tubuh. Hal ini dikarenakan rasa ketakutan yang besar menimbulkan tekanan stres yang tinggi. Sehingga seseorang yang memiliki rasa ketakutan yang tinggi bisa menjadi sebuah penyakit mental seperti anxiety dan berbagai penyakit mental lainnya. Dari penyakit mental tersebutlah, tubuh lebih mudah terserang alergi, asma, hingga demam tinggi. 

Halaman:

Editor: Ardi Soedirjo

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x