Berikut Ini 4 Cara Agar Tahan Begadang Sepanjang Malam

- 13 Oktober 2020, 23:17 WIB
ilustrasi orang sedang begadang
ilustrasi orang sedang begadang /Shafira FS /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Banyak anak muda terutama yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa, sangat sering begadang hingga semalam suntuk. Hal ini biasanya disebabkan oleh tuntutan tugas dan pekerjaan yang menumpuk, sehingga memaksa mereka untuk mengerjakan tugasnya hingga larut malam, bahkan tak jarang dari mereka memilih untuk tidak tidur hingga waktu menjelang pagi karena sibuk mengerjakan tugas.

Berikut ini ada 4 cara agar bisa tahan begadang sepanjang malam :

1. Cuci wajah

Jika anda merasakan rasa kantuk yang mulai berat sedangkan pekerjaan masih banyak yang menumpuk. Maka salah satu langkah yang harus anda lakukan adalah mencuci wajah. Mencuci wajah selain membuat wajah terasa segar, juga bisa mengusir rasa kantuk. Selain itu, pikiran juga akan terasa lebih jernih dan mudah untuk mendapatkan ide – ide baru.

 

2. Minum kopi

Meminum kopi di malam hari juga merupakan salah satu alternatif  untuk mengusir rasa kantuk yang kian berat. Hal ini dikarenakan kandungan kafeinnya yang cukup banyak, membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi, sehingga pasokan oksigen dalam otak menjadi lebih banyak, dan membuat isi pikiran menjadi lebih jernih dan tidak mudah untuk merasa ngantuk di tengah malam.

 

3. Melakukan peregangan

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan peregangan tubuh. dengan menggerakkan dan meregangkan tubuh, maka akan dapat mengurangi dan mengusir rasa kantuk. Hal ini berfungsi untuk melancarkan oksigen yang berada di pembuluh darah dan dialirkan ke otak, sehingga membuat pikiran menjadi lebih jernih. Cukup dengan menggerakkan tubuh dengan gerakan sederhana selama 15 – 30 menit, maka anda sudah bisa menghilangkan rasa kantuk.

 

4. Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu juga salah satu cara untuk bisa mengurangi rasa kantuk di tengah kegiatan produktif anda di malam hari. Akan sangat cocok jika mendengarkan lagu ngebeat dengan nada yang menghentak, sehingga membuat anda tidak mudah untuk merasa ngantuk karena terlalu dalam untuk mengikuti alur dan nada lagu yang didengarkan selama sibuk mengerjakan tugas. ***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x