5 Resiko Mengkonsumsi Telur Secara Berlebihan

- 23 Oktober 2020, 23:45 WIB
Kulit buah, batang sayuran, hingga cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik.
Kulit buah, batang sayuran, hingga cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik. /Mali Maeder/

Jakselnews.com - Telur merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal sangat merakyat, murah dan mudah untuk dimasak. Maka tak heran jika telur merupakan salah satu menu favorit bagi banyak masyarakat Indonesia, terutama bagi para mahasiswa yang sedang merantau di luar kota dan tinggal di kosan. 

Telur sendiri juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, seperti memberikan asupan protein, serta dapat meningkatkan kesehatan mata dengan kandungan lutein dan zeaxanthinnya. Meski begitu tak dapat dipungkiri jika mengkonsumsi telur secara berlebihan juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. 

Berikut ini 5 resiko yang akan terjadi pada tubuh anda jika mengkonsumsi telur secara berlebihan : 

 

  • Meningkatkan kolesterol jahat 

Terlalu sering memakan telur nyatanya juga bisa meningkatkan kandungan kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Hal ini dikarenakan telur mengandung sebanyak 185 mg kolesterol per butirnya, sehingga jika anda terlalu sering mengkonsumsi telur maka yang terjadi kolesterol dalam tubuh anda akan meningkat dan jika hal tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit jantung. 

 

  • Menimbulkan jerawat 

 Selain itu, memakan telur secara berlebihan juga bisa membuat wajah yang berjerawat berubah menjadi semakin parah kondisinya. Hal ini dikarenakan telur mengandung zat karbohidrat yang cukup besar, sehingga membuat jerawat yang ada pada wajah menjadi lebih parah peradangannya, serta membuat kuliat wajah menjadi lebih mudah berminyak. Hal inilah yang membuat jerawat wajah tidak kunjung sembuh. Selain itu, jika wajah mudah berminyak dan berjerawat, maka akan semakin banyak kuman dan bakteri yang mudah untuk merusak jaringan kulit wajah. 

 

  • Memicu penyakit jantung 

 Lalu, memakan telur secara berlebihan juga menyebabkan tubuh lebih mudah terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan telur mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga jika tubuh beresiko besar terkena serangan jantung dan memaksa untuk sering mengkonsumsi lebih dari 3 butir telur, maka tubuh akan semakin mudah untuk terkena penyaki jantung. Tak hanya itu, penyakit stroke juga akan menghantui tubuh yang lebih sering mengkonsumsi banyak telur. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x