Hari Film Nasional, Yuk Tonton Deretan Film Nasional yang Meraih Prestasi Internasional. Keren!

- 30 Maret 2021, 15:51 WIB
ILUSTRASI// Selamat Hari Film Nasional! Berikut deretan film nasional yang punya prestasi di kancah internasional
ILUSTRASI// Selamat Hari Film Nasional! Berikut deretan film nasional yang punya prestasi di kancah internasional ///Pixabay/Free-Photos

JAKSELNEWS.COM - Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 30 Maret untuk mengapresiasi penggiat industri perfilman. 30 Maret juga merupakan hari pertama pengambilan gambar film 'Darah dan Doa' karya Usmar Ismail pada tahun 1950. 

'Darah dan Doa' juga menjadi film Indonesia pertama yang memiliki kesan dan motif besar. Sentimen nasionalisme, politik identitas, serta hasrat idealisme diangkat dalam film tersebut. 

71 tahun berlalu, industri perfilman Indonesia kian berkembang. Banyak karya anak bangsa yang berhasil memukau banyak pihak, termasuk di kancah Internasional. Menandai Hari Film Nasional, berikut beberapa film karya anak bangsa yang memperoleh prestasi di kancah Internasional. 

Baca Juga: Menko Polhukam Ajak Kerjasama Warga untuk Tangkap Jaringan Teror Bom di Makassar

Perempuan Tanah Jahanam

Film genre horor hasil besutan sutradara Joko Anwar ini mewakili Indonesia untuk ajang Oscar 2021 untuk kategori 'Best International Feature'. Selain itu, film 'Perempuan Tanah Jahanam' juga sebelumnya telah terpilih mengikuti ajang International Premiere di Sundance Film Festival 2020. Film yang dibintangi Tara Basro, Marissa Anita, dan Ario Bayu ini juga meraih Melies Award untuk 'Best Asian Film' pada Bucheon International Fantastic Film Festival 2020 di Korea Selatan. 

Pengabdi Setan 

Film karya Joko Anwar ini juga berhasi meraih penghargaan pada Popcorn Frights Film Festival 2018 di Florida, Amerika Serikat. Selain itu, Pengabdi Setan juga berhasil mendapatkan penghargaan Film Terbaik dalam Overlook Film Festival. 

Film 'Pengabdi Setan' juga memenangkan kategori 'Best Horror Film' dan 'Most Scarry Film' pada Toronto After Dark Film Festival 2018. Film ini merupakan remake prekuel dari film tahun 1980 dengan judul sama. 

Baca Juga: Kurangi Klaster Penularan Covid-19, Begini Persiapan untuk Para Atlet PON XX Papua 2021

Soekarno: Indonesia Merdeka 

Film karya Hanung Bramantyo pada tahun 2013 ini menceritakan tentang kisah perjuangan Ir. Soekarno pada masa kemerdekaan Indonesia. Film ini mewakili Indonesia di ajang Academy Awards pada tahun 2014. Sosok pemimpin karismatik Ir. Soekarno diperankan oleh aktor Ario Bayu dalam film ini.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini