Ekonomi AS Diperkirakan Tumbuh 7% Pada 2021, Akankah AS Dapat Melebihi China?

- 10 Maret 2021, 15:09 WIB
ILUSTRASI// Amerika Serikat
ILUSTRASI// Amerika Serikat /Pixabay.com/Larry White

JAKSELNEWS.COM - Amerika sedang menuju pada pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Pertumbuhan ekonomi yang mulai bergerak positif ini memunculkan harapan bahwa Amerika mungkin dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi global yang kuat. 

Gross Domestic Product (GDP) Amerika diharapkan akan tumbuh sebesar 9,5% pada kuartal pertama. Pertumbuhan rata-rata diperkirakan akan mencapai hampir 7% tahun ini.

Selain itu, rata-rata pengangguran juga mulai menurun dibanding Januari, yaitu kini 6,2% dan diperkirakan akan turun menjauh hingga 4,9% pada kuartal keempat tahun ini. GDP juga nampaknya akan kembali pada level sebelum pandemi pada di akhir kuartal ini. 

Baca Juga: Fakta Kelainan Hipospadia yang Ada pada Tubuh Aprilia Manganang

Setelah krisis finansial tahun 2008, perbaikan ekonomi global lebih banyak didorong oleh kekuatan China. Namun, dengan pergerakan pemulihan ekonomi yang cukup pesat, kini Amerika mungkin saja memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan global tahun ini dibandingkan China.

Ekonomi Amerika nyatanya sekitar sepertiga lebih besar dibanding China sehingga kontribusi Amerika terhadap pertumbuhan global dapat lebih besar daripada China. Hal ini terwujud jika keduanya bergerak pada tingkat yang sama tahun ini. 

Ekonomi Amerika sempat terkontraksi 3,5% tahun lalu dan diharapkan tumbuh hingga sekitar 7% tahun ini. Sedangkan China tumbuh 2,3% tahun lalu dan diharapkan tumbuh 8% tahun ini.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x