Jakarta Selatan Sebagai 'Smart City', Apa Maknanya?

- 5 Oktober 2020, 14:59 WIB
Ilustrasi Smart City
Ilustrasi Smart City /ResearchGate

JAKSELNEWS.COM - Sejak tahun 2014 lalu, DKI Jakarta juga sudah mulai mengembangkan program Jakarta Smart City. Sebagai salah satu kota Administrasi DKI Jakarta, Jakarta Selatan juga turut berupaya mengembangkan konsep kota pintar ini. Upaya yang dilakukan kota Jakarta Selatan misalnya dengan adanya situs resmi maupun aplikasi yang memudahkan pelayanan publik. 

Aplikasi 'SMART Jaksel' dari Polres Jakarta Selatan termasuk salah satu di antara inovasi berbasis IT yang memudahkan masyarakat di wilayah Jakarta Selatan. Aplikasi ini memiliki menu city guide yang berisi layanan umum serta informasi lokasi Jakarta Selatan yang terhubung dengan Google Maps. Masyarakat juga dapat mendaftar SKCK secara online melalui aplikasi ini. Selain itu, bagi Anda yang memiliki perkara yang harus diselesaikan melalui Pengadilan Agama, Anda juga dapat mengakses informasi, layanan publik, maupun akses E-Court melalui situs resmi Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Di tengah pengembangan Jakarta Selatan sebagai salah satu Smart City di Indonesia, apa sih sebenarnya makna dari Smart City?

Kota cerdas (smart city) merupakan konsep kota yang membantu masyarakat di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat / lembaga dalam melakukan kegiatannya ataupun mengantisipasi kejadian tak terduga. Konsep kota cerdas sendiri bukan yang pertama diterapkan di Indonesia. Sebelumnya, Seoul, Singapura, Toronto, dan New York sudah menerapkan konsep kota cerdas ini. 

Tujuan dari pengembangan konsep kota cerdas ini adalah untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk. Di Indonesia, kota yang dinilai sudah cukup berhasil mengembangkan konsep kota cerdas di antaranya kota Tangerang Selatan, Jember, dan Cimahi. Kota cerdas menggunakan kombinasi perangkat Internet of Things (IoT), solusi perangkat lunak, antar muka pengguna. Namun, teknologi paling dasar dalam pengembangan konsep kota cerdas adalah dengan IoT yang merupakan sistem perangkat komputasi yang saling terkait. Contoh penerapan IoT dalam smart city seperti smart infrastructure yang memungkinkan kota memiliki sistem parkir yang cerdas serta smart lighting dan jalan yang terkoneksi.*** 

 

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x