Cegah Banjir, Sudin Lingkungan Hidup Jaksel Memaksimalkan Fungsi Ponton di Kali Krukut

- 21 Oktober 2020, 12:49 WIB
Pemkot Jaksel memaksimalkan fungsi Ponton di Kali Krukut, Jakarta Selatan untuk cegah banjir
Pemkot Jaksel memaksimalkan fungsi Ponton di Kali Krukut, Jakarta Selatan untuk cegah banjir /Instagram @kominfotikjs

JAKSELNEWS.COM - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan melakukan upaya antisipasi terhadap banjir di tengah musim hujan. Antisipasi tersebut berupa memaksimalkan fungsi Ponton (kubus pelampung) di Kali Krukut, Jakarta Selatan pada Rabu 21 Oktober 2020.

Sudin Lingkungan Hidup menjelaskan bahwa, hal ini dilakukan sebagai upaya dini untuk menghambat sampah yang terbawa aliran kali atau sungai di wilayah Jakarta Selatan sehingga nantinya sampah-sampah tersebut tidak menjadi luapan yang dapat menggenangi pemukiman warga.

Terdapat 13 ponton yang tersebar di lima kecamatan di Wilayah Jakarta Selatan, seperti di Kecamatan Jagakarsa, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru dan Cilandak. 13 ponton tersebut ditempatkan dengan jarak yang cukup jauh, untuk mencakup sampah yang kerap ditemui oleh petugas.

Sampah yang kemudian ditemukan oleh petugas nantinya akan diangkat manual maupun dengan alat berat jenis Spider yang telah disiagakan di Jalan Brigif III dan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Alat berat tersebut disiagakan untuk mengangkat sampah jika sampah sudah tidak dapat diangkat dengan manual, kemudian sampah-sampah tersebut akan dibawa ke tempat pembuangan akhir.

Menurut data dari Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan jumlah sampah yang diangkut dari setiap ponton beragam, namun jika ditotalkan maka keseluruhan sampah mencapai 25,27 meter kubik per hari.***

Editor: Husain F.P

Sumber: selatan.jakarta.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x