Simak Sederet Keistimewaan 11 Maret 2021, Peringatan Isra Mi'raj hingga Fenomena 'Keris Lintang'

- 10 Maret 2021, 20:02 WIB
Peringatan  Isra Mi'raj yang jatuh pada 11 Maret 2021
Peringatan Isra Mi'raj yang jatuh pada 11 Maret 2021 /Freepik.com/freepik

JAKSELNEWS.COM - Peringatan Isra Mi'raj tahun 2021 akan jatuh pada Kamis, 11 Maret 2021 besok. Namun, selain peringatan peristiwa penting bagi umat Islam, nyatanya terdapat sederet peristiwa penting lainnya yang membuat 11 Maret 2021 menjadi hari yang istimewa. 

Isra Mi’raj 1442 H

Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram, Mekkah ke Masjidil Aqsa, Palestina hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh dalam satu malam diperingati pada hari Isra Mi’raj. Oleh karena itu, Isra Mi’raj merupakan perjalanan penting dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Dilihat dari kata, Isra berarti perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem menggunakan Buraq. Mi’raj berarti perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi ke Sidratul Muntaha bersama Malaikat Jibril.

Baca Juga: Berbeda 11 Tahun, Song Hye Kyo dan Jang Ki Yong Jadi Pasangan dalam Drama Romantis SBS

Surat Perintah 11 Maret (Supersemar)

Peringatan peristiwa penting selanjutnya yaitu berkaitan dengan sejarah Indonesia pada tahun 1966. Supersemar diperingati setiap tahun sebagai pengingat bagi generasi muda akan penyerahan mandat kekuasaan dari Presiden Soekarno ke Presiden Soeharto pada 11 Maret 1966.

Saat itu, demokrasi terpimpin Soekarno mulai runtuh pada Oktober 1965. Memasuki tahun 1966, inflasi negara Indonesia mencapai 600 persen lebih sedangkan Presiden Soekarno mengabaikan suara rakyat. Aksi unjuk rasa terus bergulir hingga mencapai puncaknya pada 11 Maret 1966.

Demonstrasi berlangsung di depan Istana Negara dan didukung oleh tentara. Saat itu, Menteri/Panglima Angkatan Darat Letnan Jenderal Soeharto meminta agar Presiden Soekarno memberikan surat perintah. Hal ini dianggap sebagai cara untuk mengatasi konflik.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Series Netflix untuk Anda yang Tayang Maret 2021

Kuartet Konjungsi Bulan-Saturnus-Jupiter-Merkurius

Pada 11 Maret 2021, konfigurasi ‘Keris Lintang’ akan mngarah ke atas hingga 12 Maret 2021. Konfigurasi ‘Keris Lintang’ ini karena konfigurasi kuartet konjungsi antara Merkurius, Jupiter, Saturnus, dan Bulan berbentuk menyerupai keris sejak awal Maret.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x