Picu Kerusakan Ponsel, Pengguna Android Diminta Hapus Puluhan Aplikasi Berbahaya Ini

- 26 Oktober 2020, 08:55 WIB
Ilustrasi aplikasi di ponsel.*
Ilustrasi aplikasi di ponsel.* /Pixabay./

JAKSELNEWS.COM - Jika Anda adalah pengguna ponsel Android, harap berhati-hati sebelum menginstal sebuah aplikasi. Pasalnya, aplikasi tersebut tak ayal menjadi berbahaya pada ponsel pintar Anda.

Perusahaan keamanan siber Avast telah memperingatkan tentang adanya bahaya adware pada aplikasi tersebut. Ada 21 aplikasi yang dianggap terinfeksi adware berbahaya yang dapat merusak smartphone.

Aplikasi tersebut dipindai oleh para tim keamanan di Avast selama enam bulan terakhir. Avast mengetahui aplikasi tersebut cukup populer di kalangan pengguna Android berdasarkan dari seringnya iklan apps tersebut muncul di iklan Youtube. Sehingga banyak pengguna yang kemudian menginstalnya.

Namun setelah diamati, ternyata aplikasi tersebut jauh berbeda dari yang diiklankan kepada publik. Pengembang dari 21 game ini juga gencar beriklan di sosial media lain. Hal buruknya, iklan aplikasi ini juga muncul di perangkat sekalipun pengguna tidak membuka apps tersebut.

Avast kemudian menindaklanjuti perangkat yang telah terinfeksi virus dari aplikasi tersebut. Mereka memusnahkan iklan yang dianggap sangat mengganggu.

Akibat dari gangguan bugs ini, membuat sistem pada gawai menjadi lambat. Ada sebagian yang justru menolak perintah sistem. Oleh karena itu sudah mulai banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi tersebut.

Lebih baik, pengguna berhati-hati dalam memilih aplikasi. Lihat ulasan dan bagaimana itu berpengaruh pada sistem di gawai. Jangan sampai aplikasi tersebut berubah menjadi bugs yang akan merusak ponsel.

Berikut 21 aplikasi jahat tersebut.

  1. Shoot Them
  2. Crush Car
  3. Rolling Scroll
  4. Helicopter Attack-New
  5. Assassin Legend - 2020 New
  6. Helicopter Shoot
  7. Rugby Pass
  8. Flying Skateboard
  9. Iron It
  10. Shooting Run
  11. Plant Monster
  12. Find Hidden
  13. Find 5 Differences - 2020 New
  14. Rotate Shape
  15. Jump Jump
  16. Find 5 Differences - Puzzle Game
  17. Sway Man
  18. Desert Against
  19. Money Destroyer
  20. Cream Trip - New
  21. Props Rescue

Itu tadi deretan aplikasi berbahaya yang perlu diwaspadai pengguna Android. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x