Google Foto Hentikan Unggahan Gratis Tahun Depan!

- 12 November 2020, 13:15 WIB
Google foto berencana menghapus penyimpanan gratis tahun depan
Google foto berencana menghapus penyimpanan gratis tahun depan /

JAKSELNEWS.COM - Salah satu fitur utama Google Foto adalah unggahan cadangan foto serta video gratis yang tidak terbatas dalam format terkompresi. Google sekarang telah mengumumkan bahwa fitur ini akan dihentikan pada 1 Juni 2021 mendatang.

Mulai 1 Juni nanti, file apa pun yang diunggah ke Google Foto akan dihitung sebagai penyimpanan default 15 GB yang pengguna dapatkan dengan setiap akun Google baru. Jika pengguna memiliki langganan Google One, maka itu akan dihitung untuk itu.

Sebelumnya, unggahan gambar dalam preset asli dan tidak dikompresi dihitung di ruang penyimpanan. Sementara gambar yang diunggah dalam bentuk resolusi tinggi akan dikompresi secara gratis. Mulai tahun depan, semua gambar akan diperlakukan sama.

Mengutip laman GSMArena Kamis (12/11) ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di sini. Pertama, semua gambar yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan ini hanya berlaku untuk gambar yang diunggah setelah tanggal.

Itu artinya jika pengguna mengunggah file di dalam kapasitas tersedia yakni 15GB, itu belum dikenakan biaya. Biaya dikenakan jika unggahan pengguna melebihi kapasitas tersebut dimulai pada 1 Juni 2021 mendatang. Setelah itu pengguna akan dihadapkan pada satu paket Google One jika terus mengunggah file.

Namun, jika tidak aktif di layanan selama lebih dari dua tahun atau melebihi batas penyimpanan selama lebih dari dua tahun, Google dapat menghapus konten pengguna di berbagai layanan. Jika memiliki ponsel Pixel, pengguna akan terus menerima backup gratis dan tidak terbatas untuk foto dan video selama periode yang ditentukan.

Google nantinya akan menawarkan tools pada Juni 2021 yang memungkinkan pengguna mengelola foto serta video yang dicadangkan. Pengguna juga bisa memilih apa yang ingin disimpan dan apa yang ingin dihapus. Alat tersebut secara otomatis menyorot konten seperti foto gelap atau buram atau video besar yang mungkin tidak ingin disimpan.

Perubahan ini berlaku untuk semua pengguna Google Foto di semua platform, termasuk Android, iOS, dan desktop. ***

Editor: Winda Destiana Putri


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini