Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Vaksin Covid-19

- 5 Februari 2021, 21:02 WIB
Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. /Pexels.com

JAKSELNEWS.COM - Jumlah kasus positif Covid-19 yang terus meningkat dari hari ke hari semakin meresahkan masyarakat.

Hingga saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 1 juta dengan kasus meninggal dunia sebanyak 29,998 dan kasus yang sembuh sebanyak 873,000 (mengacu pada data JHU CSSE Covid-19 yang diperbaharui pada 31 Januari 2021)

. Tingginya angka positif Covid-19 mendorong pemerintah untuk segera mengambil tindakan nyata, yakni menyediakan vaksin Covid-19 sebanyak-banyaknya untuk menekan jumlah kasus.

Bagi masyarakat yang masih was-was dan belum mengerti seperti apa cara kerja, manfaat, dan efek samping dari vaksin Covid-19, berikut beberapa informasinya:

  1. Menurut laman resmi Covid19.go.id, vaksin merupakan zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh guna melawan penyakit tertentu, maka vaksin Covid-19 bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar mampu mengenali serta melawan virus terutama virus Covid-19.
  2. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vaksin Covid-19 juga bermanfaat untuk menghentikan virus Covid-19 apabila ternyata sudah menjangkit tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang berasal dari sel B dan menghentikan peredaran virus.
  3. Perlu diketahui bahwa vaksin Covid-19 memiliki beberapa efek samping, seperti nyeri, iritasi, kemerahan, pembengkakan, nyeri otot, demam, dan kelelahan. Namun efek samping ini normal dialami dan menjadi tanda bahwa tubuh sedang membangun perlindungan terhadap virus Covid-19.
  4. Beberapa vaksin yang sudah teruji klinis dan diedarkan di indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/ Menkes/ 9860/ 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disesase (Covid-19) adalah vaksin buatan Bio Farma, Astra Zeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc and BioNtech, dan Sinovac Biotech. Enam vaksin ini bisa didapatkan di rumah sakit yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 dengan mengikuti syarat tertentu.
  5. Berdasarkan fungsi vaksin Covid-19 ini, masyarakat pun dihimbau untuk segera mendapatkan vaksinasi untuk mencegah tubuh dari kemungkinan terjangkit virus Covid-19. Sedia payung sebelum hujan, pepatah demikian tepat untuk menggambarkan pentingnya mendapatkan vaksinasi untuk mencegah virus Covid-19 yang kapan saja mungkin dapat menjangkit tubuh.

Meski demikian, program vaksin akan berhasil apabila masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat.

Walau penularan virus tidak terlihat secara kasat mata, tapi kita dapat melakukan upaya pencegahan secara mandiri. Upaya pencegahan tersebut dapat dilakukan melalui lima tindakan berikut ini:

1. Mencuci tangan secara reguler

Cuci tangan harus secara reguler dilakukan baik di dalam rumah maupun setelah beraktivitas dari luar rumah.

Tentunya cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik. Ikuti panduan cuci tangan yang baik dan benar untuk membersihkan bakteri dan virus yang ada pada kulit tangan secara maksimal.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x