Penggunaan Tali Masker Modis dan Praktis Tapi Ternyata Berbahaya

- 25 Februari 2021, 09:57 WIB
ILUSTRASI// Penggunaan tali masker yang modis dan praktis, namun ternyata berbahaya
ILUSTRASI// Penggunaan tali masker yang modis dan praktis, namun ternyata berbahaya /PMJ News

 

JAKSELNEWS.COM – Masker kini menjadi benda pertama yang akan selalu dibawa dan digunakan saat Anda bepergian ke luar rumah. Dengan alasan agar tetap tampil stylish, Anda pun kerap mengenakan masker dengan pola unik atau warna kesukaan Anda agar tetap percaya diri meski pergi tanpa mengenakan lipstick lagi.

Belakangan, strap mask atau tali masker juga tampaknya merupakan opsi lain untuk membuat Anda tampil stylish meski mengenakan masker di luar rumah. Selain itu, tali masker ini dianggap praktis karena Anda dapat menggantungkan masker di leher saat harus minum, makan, atau berfoto di luar rumah.

Penggunaan tali masker ini juga dianggap untuk menghindari menurunkan masker ke dagu yang berisiko memperbesar risiko penularan virus Covid-19. Namun, nyatanya penggunaan tali masker juga tidak sepenuhnya membuat Anda aman dari risiko penularan virus Covid-19.

Baca Juga: Fadli Zon Anggap Ketidakadilan Antara Kerumunan Jokowi dan Habib Rizieq, Begini Tanggapan Relawan Jokowi

Saat Anda menurunkan hingga ke menggantung di area leher atau dada, bagian masker akan mengenai pakaian Anda. Bagian dalam masker juga akan berkontak langsung dengan udara di luar, sebelum akhirnya Anda kenakan kembali dan menyentuh hidung Anda lagi.

Hal ini yang meningkatkan risiko penularan virus Covid-19 karena Anda tidak pernah tahu keberadaan virus yang melekat pada pakaian Anda. Selain itu, kontak masker dengan tangan atau jari-jari Anda yang sebelumnya menyentuh permukaan lain di tempat umum juga meningkatkan risiko penularan virus Covid-19.  

Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa beberapa masker tambahan saat beraktivitas di luar rumah agar dapat langsung mengganti masker setelah selesai makan atau minum. Anda dapat membawa essential kit berisi masker, hand sanitizer, serta tissue basah dalam satu pouch kecil agar lebih praktis dan tetap aman dari ancaman virus Covid-19.

Baca Juga: Ashanty Miliki Autoimun dan Positif Covid-19, Anang: Ini yang Menjadi Kompleks

Penggunaan masker yang tepat dan membiasakan mencuci tangan adalah kebiasaan utama yang harus mulai Anda bentuk sebagai tanggung jawab atas diri sendiri dan orang tercinta Anda di rumah. Jangan lengah pada kebiasaan kecil yang ternyata bisa memberi celah virus Covid-19 masuk ke tubuh Anda.***

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x