Jangan Khawatir! Penderita Asam Lambung Tetap Bisa Menikmati Kopi dengan Cara Ini

- 27 Februari 2021, 06:00 WIB
Pecinta kopi tapi memiliki riwayat asam lambung? Jangan khawatir, simak tipsnya berikut ini
Pecinta kopi tapi memiliki riwayat asam lambung? Jangan khawatir, simak tipsnya berikut ini /Adam Weiss/Getty Images/Cavan Images RF

JAKSELNEWS.COM – Menikmati secangkir kopi di pagi hari mungkin Anda rindukan namun tidak bisa dilakukan. Terlebih karena Anda merasa jika kopi merupakan pemicu asam lambung yang membuat perut Anda tidak nyaman.

Sebenarnya, pemicu naiknya asam lambung yang Anda rasakan tidak selalu berasal dari kopi yang Anda nikmati. Biasanya pemicunya cukup kompleks, termasuk dari makanan berlemak. Jika Anda sudah memastikan kopi sebagai penyebab asam lambung Anda, Anda tetap dapat menikmati kopi kesukaan Anda dengan mencoba tips berikut.

Pilihlah kopi dengan tingkat keasaman yang rendah. Biasanya biji kopi yang dipanggang secara perlahan, tingkat keasaman pada biji kopi berkurang secara signifikan. Semakin gelap biji kopi yang dipanggang, semakin rendah tingkat keasamannya.

Baca Juga: Jangan Bingung Pilih Menu, Kenali Jenis Kopi Kekinian yang Ada di Coffee Shop

Anda juga dapat mencoba metode penyeduhan yang berbeda untuk secangkir kopi Anda. Cold brew bisa menjadi salah satu cara paling mudah dan sederhana yang dapat langsung Anda coba di rumah. Teknik cold brew dapat secara efektif menetralisir keasaman pada kopi karena menggunakan air dingin.

Anda dapat menggunakan French Press dapat menyaring kopi dengan lebih cepat. Jika tidak memiliki French Press, Anda dapat membuat kopi dengan air dingin, mengaduknya, lalu menyimpannya pada botol tertutup di lemari pendingin selama 12 jam.

Semakin lama Anda menyimpannya, semakin kuat rasa yang akan muncul dari kopi tersebut. Nyatanya, menikmati secangkir kopi di pagi hari memiliki beberapa manfaat penting untuk kesehatan dan produktivitas Anda. Tentunya Anda tidak asing dengan kafein, senyawa yang terkandung dalam kopi bukan?

Baca Juga: Vaksinasi Corona untuk Guru dan PTK Dimulai, Ini Tahap-Tahapnya

Kafein pada kopi dapat meningkatkan beberapa aspek dari fungsi otak, seperti memori, suasana hati, lebih berenergi, dan fungsi mental secara umum. Selain itu, kafein juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sehingga secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini