4 Tips Berikut Membantu Wanita Melindungi Diri dari Kasus Kekerasan Seksual

- 5 Maret 2021, 13:25 WIB
Tips Melindungi Diri dari Pelecehan Seksual untuk Wanita
Tips Melindungi Diri dari Pelecehan Seksual untuk Wanita /Prevention.com

JAKSELNEWS.COM - Pelecehan seksual dan kasus perkosaan merupakan bentuk kekerasan seksual yang cukup sering terjadi pada wanita. Selain dua bentuk tersebut, masih banyak bentuk kekerasan seksual yang mungkin tanpa disadari sering terjadi di masyarakat. 

Komisioner Komnas Perempuan Andy Yentriyani menjelaskan jika terdapat 23.021 kasus perempuan yang diketahui sejak 2011 hingga 2019. Sebanyak 9.039 kasus di antaranya merupakan kasus perkosaan. 

Jika Anda salah satu yang sering pergi keluar rumah dan pulang di malam hari, Anda perlu mewaspadai para pelaku kekerasan seksual yang seringkali tidak terduga. Bagaimana agar Anda dapat merasa lebih aman? Simak empat tips berikut agar Anda dapat melindungi diri dan terhindar dari kekerasan seksual.

Baca Juga: Akui Perbuatannya dan Minta Maaf, Ji Soo Trending di Twitter

1. Membuat Speed Dial Nomor Penting

Simpanlah nomor-nomor penting dan masukkan dalam speed dial Anda. Langkah ini agar Anda dapat segera menghubungi seseorang saat benar-benar dibutuhkan. 

Misalkan seseorang terlihat mengikuti Anda di jalanan sepi, Anda dapat segera menekan tombol 1 untuk menelepon teman Anda yang dapat mendatangi Anda atau orangtua Anda. Anda juga dapat menyimpan nomor telepon kantor polisi terdekat dalam speed dial Anda. 

 

2. Menelepon Seseorang Saat Sendirian di Jalan

 

Tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati. Jika Anda merasa suatu tempat yang Anda lewati terlihat mencurigakan, Anda dapat menelepon teman dekat atau orangtua Anda agar orang-orang yang mencurigakan tidak berani mendekati Anda.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x