Simak Faktanya, Diet Anda Sudah Sehat atau Terlalu Ekstrim?

- 5 Maret 2021, 14:11 WIB
Ilustrasi// Olahraga Di Rumah
Ilustrasi// Olahraga Di Rumah /Pinterest/

JAKSELNEWS.COM - Apakah Anda salah satu yang sedang menjalani diet? Kata "diet" sebenarnya berasal dari pengelolaan berat badan (weight management). 

Dengan kata lain, diet merupakan sekumpulan praktik dan perilaku yang diperlukan agar berat badan Anda berada dalam kategori sehat. Tidak hanya tentang pengaturan makanan dan pola makan, tapi juga tentang pola hidup Anda. 

Mayoritas orang yang menginginkan bentuk tubuh atau berat badan ideal cenderung mengikuti cara yang "mudah dan praktis" tanpa mengetahui risiko dari pola dietnya. Namun, jika diet Anda ternyata terlalu ekstrim, Anda justru akan mengganggu sistem metabolisme tubuh Anda. 

Baca Juga: Syuting di Bali, Julia Roberts dan George Clooney Akan Beradu Akting Dalm Film 'Ticket to Paradise'

Makan terlalu sedikit, berolahraga terlalu keras, atau memaksakan diri untuk tidak makan tentunya tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik dan organ tubuh Anda, tapi juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis Anda loh. Agar terhindar dari diet ekstrim berujung sengsara, simak fakta yang harus Anda ketahui sebelum melakukan diet di bawah ini. 

1. Pengetahuan

Dari sumber mana Anda mengetahui tentang diet yang akan Anda jalani? Diet merupakan "manner of living" yang seharusnya dapat Anda jalani dalam jangka panjang. 

Tentunya Anda ingin mempertahankan berat tubuh yang sehat dalam jangka panjang bukan? Oleh karena itu, perbanyaklah pengetahuan Anda dari sumber yang tepat, misalnya dari influencer yang berpengalaman atau Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter gizi atau nutritionist sebelum menjalani diet. 

Baca Juga: Viral di TikTok, Ini Lirik Lagu Hayloft dari Mother Mother

2. Jenis Olahraga

Kunci dari diet adalah harus bisa dijalankan dalam jangka panjang sebagai bagian dari pola hidup Anda. Nah, oleh karena itu, pilihlah jenis olahraga yang memang Anda sukai dan bisa Anda lakukan. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x