Orangtua Wajib Paham! Yuk Persiapkan Anak untuk Masuk Sekolah Pada Masa New Normal

- 25 Maret 2021, 15:51 WIB
ILUSTRASI// Orangtua wajib memahami persiapan menjelang kembalinya anak-anak ke sekolah pada masa new normal
ILUSTRASI// Orangtua wajib memahami persiapan menjelang kembalinya anak-anak ke sekolah pada masa new normal /Pexels/August de Richelieu

JAKSELNEWS.COM – Menyusul rencana pemerintah dan sekolah pada tiap daerah untuk mulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Anda sebagai orangtua juga perlu bersiap. Masa kembalinya anak ke sekolah saat ini tentunya berbeda dengan berakhirnya masa liburan semester pada tahun-tahun sebelumnya.

Saat berada di sekolah, anak akan mulai berinteraksi dengan orang lain, teman sebaya dan guru-guru. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan jika anak Anda siap berada di lingkungan sekolah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang seharusnya diterapkan pada masa new normal.

Perlengkapan Wajib

Apa saja yang dulu Anda siapkan sebelum anak pergi ke sekolah? Ya, tentunya di masa new normal, tidak hanya buku dan alat tulis yang perlu Anda siapkan. Anda kini perlu mempersiapkan bekal dan peralatan makan pribadi, hand sanitizer, hingga masker tambahan.

Baca Juga: Heboh Pengakuan Kiky Saputri Ogah Roasting Artis, Nathalie Holscher Bilang Begini

Edukasi tentang Protokol Kesehatan

Berinteraksi dengan banyak orang tentunya membuat anak sangat perlu mengetahui penerapan protokol kesehatan dengan tepat. Anda dapat mulai membangun kesadaran dengan memberi tahu anak tentang jumlah kasus positif Covid-19 pada saat ini di daerah Anda.

Sampaikan juga apa yang Anda harapkan dari mereka ketika berada di sekolah. Anda dapat memberi contoh tentang penggunaan masker yang tepat, misalnya setiap kali bepergian bersama dengan anak ke supermarket atau di luar rumah.

Ajak anak untuk mencuci tangan lewat cara yang menyenangkan yaitu sambil bernyanyi lagu kesukaan atau menyanyikan lagu “Happy Birthday” sebanyak dua kali. Anak akan terbiasa untuk mencuci tangan dengan benar dan tidak menganggap cuci tangan sebagai kegiatan berulang yang menyebalkan.

Baca Juga: Drama 'Mouse' Tampilkan Perubahan Karakter Jung Ba Reum, Terlihat Seperti Psikopat tapi Tidak Bisa Dibenci

Menjaga jarak mungkin protokol yang sulit diterapkan anak-anak. Namun, Anda tetap dapat mengatasinya lewat permainan di rumah agar anak terbiasa menjaga jarak. Setidaknya, anak terbiasa dan memahami besar jarak yang harus ia jaga dengan teman-temannya di kelas.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x