Bacaan Doa Sholat Dhuha dan Artinya

- 10 Januari 2022, 09:52 WIB
Doa sholat dhuha.
Doa sholat dhuha. /Ilustrasi foto Quraish shihab @pixabay/

JAKSELNEWS.COM - Setiap umat muslim setidaknya tahu akan bagaimana doa sholat dhuha diucapkan. sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu pagi atau waktu dhuha, yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah. 

Doa sholat dhuha biasa dilafalkan setelah serangkaian rukun sholat dijalankan. Bacaan doa sholat dhuha latin akan lebih mudah dipahami bagi mereka yang tidak begitu paham penulisan Arab.

Menurut M. Imron dalam buku “Penuntun Sholat Dhuha” menjelaskan, sholat dhuha adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu pagi hari saat matahari sedang naik sekitar pukul 07.00 sampai 11.00 WIB.

Untuk sholat dhuha bisa dilakukan sekurang-kurangnya ini dua rakaat, bisa juga empat rakaat, enam rakaat, atau delapan rakaat.

Baca Juga: Doa Qunut, Bacaan dan Artinya

Hadits riwayat Muslim menjelaskan, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan sholat dhuha dua rakaat."

Sholat dhuha merupakan amalan sholat sunnah yang dikenal untuk pelancar rezeki. Ada sebuah hadis yang menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan melakukan sholat dhuha, yaitu pada hadis berikut. 

“Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (H.r. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x