Tak Hanya Lari, Ini Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik yang Perlu Diketahui

- 2 Februari 2022, 10:02 WIB
Dari cabang atletik, Jawa Barat menorehkan catatan rekor PON.
Dari cabang atletik, Jawa Barat menorehkan catatan rekor PON. /PublikTanggamus.com/PRMN

JAKSELNEWS.COM - Ada berbagai macam cabang olahraga di dunia, salah satunya cabang olahraga atletik. Atletik merupakan cabang olahraga yang terdiri dari berbagai kombinasi olahraga fisik. 

Umumnya, olahraga atletik dibagi menjadi empat nomor cabang olahraga, mulai dari lompat, jalan, lari dan lempar.

Biasanya cabang olahraga atletik ini tidak sefamiliar olahraga sepakbola atau badminton, faktanya dalam perlombaan olahraga, Atletik merupakan olahraga tertua yang diperlombakan di ajang olahraga. 

Awal mula atletik dikenal saat bangsa Yunani kuno mulai menggelar kompetisi olahraga yang kelak dikenal sebagai olimpiade kuno pada 776 SM.

Baca Juga: Aktor The Walking Dead Moses J. Moseley Meninggal Dunia

Pagelaran yang sejatinya menjadi ajang penghormatan bagi Dewa Zeus ini lambat laun menjadi ajang pertandingan yang rutin digelar selama 11 abad dan menjadi cikal bakal diadakannya kompetisi olimpiade modern setiap empat tahun sekali.

Cabang olahraga atletik terdiri dari berbagai nomor dengan gerakan dasar jalan, lari, melompat dan kombinasinya.

Berikut macam-macam cabang olahraga atletik dilansir dari situs World Athletics

1.Olahraga atletik lari

Lari merupakan olahraga atletik yang menekankan pada beberapa elemen, seperti kecepatan, ketahanan, dan ketangkasan. Jenis olahraga ini terbagi dalam beberapa cabang, seperti, lari jarak pendek, menengah dan jauh.

Olahraga lari adalah gerakan maju kedepan dengan cepat dimana pada saat tertentu posisi kaki berada di udara dan tidak menyentuh tanah. Gerakan berlari membutuhkan kekuatan otot, kecepatan, dan koordinasi anggota tubuh yang sangat baik agar dapat mencapai garis finish.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x