Ini 4 Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Asma

- 20 Agustus 2020, 14:18 WIB
Ilustrasi berenang.
Ilustrasi berenang. /PIXABAY/

JAKSELNEWS.COM - Penderita asma sangat kesulitan untuk berolahraga sesuai apa yang dirinya inginkan. Namun, bukan berarti semua olahragaitu dilarang bagi penderita asma, bagi yang memiliki asma dilarang untuk berolahraga saat cuaca dingin. 

Cuaca dingin yang dimaksud disini ialah saat orang-orang yang memiliki asma berolahraga di luar ruangan saat udaranya sedang dingin-dinginnya, karena bisa memperhambat sistem pernapasan terhambat sehingga asma itu pun terjadi. 

Sebuah ulasan tahun 2020 di Europan Respiratory Journal mengatakan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa mengendalikan sistem asma dan fungsi paru-paru. Berikut adalah lima olahraga yang cocok bagi penderita asma. 

1. Berenang

 

Berenang adalah salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan bagi penderita asma. Karena, ketinggian air yang dihirup bersifat lembab sehingga mengurangi panas pada sistem pernapasan anda. 

Namun, menurut Direktur Medis Pulmonologi di Lakeland Regional, Joi Lucas, para penderita asma tidak boleh melakukan olahraga berenang yang terlalu berlebih, karena dapat memicu penyempitan sistem pernapasan di dalam tubuh anda. 

2. Jalan Kaki/hiking 

 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini