5 Tips Merawat Agar Bonsai Tumbuh Subur

- 21 Oktober 2020, 20:50 WIB
Pameran bunga bonsai di Dhamasraya, kreatifitas penghobi yang tidak mati saat pandemi, Minggu 27 September 2020. (ee)
Pameran bunga bonsai di Dhamasraya, kreatifitas penghobi yang tidak mati saat pandemi, Minggu 27 September 2020. (ee) /

JAKSELNEWS.COM - Tanaman bonsai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling digemari saat ini. Tanaman bonsai seakan merupakan tanaman hias versi mini dari tumbuhan - tumbuhan besar seperti pohon beringin dan berbagai jenis pohon lainnya. 

Ada berbagai jenis tanaman bonsai, yaitu seperti bonsai bougenville, azalea, asam belanda dan lain sebagainya.

Karena bentuknya yang mini dan unik, tentu cara merawatnya akan sedikit berbeda dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. 

Berikut ini 5 tips merawat tanaman bonsai agar tumbuh subur :  

 

  • Memangkas tanaman

Salah satu cara untuk merawat tanaman bonsai, yaitu dengan memperhatikan pertumbuhan tanamannya. Umumnya jika umur tanaman bonsai sudah cukup tua, maka tanaman tersebut akan mulai ditumbuhi dengan gulma dan rumput - rumput hijau yang mengganggu pemandangan, selain itu rumput ini juga bisa mencuri zat nutrisi yang ada pada tanaman bonsai layaknya parasit. Cara untuk menghindarinya yaitu hanya dengan mengambil dan mencabut rumput - rumput yang mulai tumbuh subur, serta mulai merapikan cabang dan ranting tanaman bonsai yang tumbuh secara berantakan dengam memotongnya secara rapi, hal ini dilakukan agar bentuk tanaman bonsai tetap terlihat indah dan rapi. 

 

  • Menghindari hama 

Selanjutnya penting sekali bagi anda untuk selalu mengawasi pertumbuhan tanaman bonsai dari serangan hama. Umumnya tanaman bonsai akan lebih rentan terkena serangan hama seperti tungau, virus, jamu, hingga binatang liar seperti kucing. 

Maka beberapa cara untuk bisa melindungi tanaman bonsai yaitu dengan aktif menyemprotkan pestisida serta meletakkan tanaman bonsai ditempat yang lebih aman dari jangkauan berbagai macam binatang. Hal ini dilakukan agar tanaman bonsai dapat tumbuh secara maksimal. 

 

  • Taruh ditempat strategis 

Untuk meletakkan tanaman bonsai, tentu harus ditaruh di tempat yang strategis dan aman. Anda bisa meletakkan tanaman bonsai di dekat jendela dimana sinar matahari akan lebih mudah masuk dan menyinari tanaman bonsai secara lebih efektif, serta meletakkan di tempat yang cukup tinggi dan memiliki udara yang bersih agar tidak mudah terserang oleh hama. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x