5 Makanan yang Memiliki Keawetan Paling Lama

- 31 Oktober 2020, 22:29 WIB
Ilustrasi garam
Ilustrasi garam /pexels/WARTA PONTIANAK

JAKSELNEWS.COM - makanan yang memiliki masa kadaluwarsa yang cukup panjang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan makanan yang kurang tahan lama.

Selain lebih memangkas pengeluaran, makanan yang tahan lama juga cocok untuk dijadikan stok makanan di hari yang akan datang, dengan tujuan untuk tidak membeli makanan lagi dan menghemat pengeluaran. 

Berikut ini ada 5 jenis makanan yang cenderung tahan lama dibandingkan dengan makanan lainnya : 

 

  • Madu

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal sangat tahan lama. Hal ini sudah pernah dibuktikan oleh para arkeolog yang pernah menemukan madu berumur 3000 tahun di tempat piramida, Mesir. Dimana madu tersebut masih bisa dikonsumsi. Selain itu, jika madu terlalu lama disimpan dan berubah bentuk menjadi kristal, anda hanya perlu mendiamkannya sebentar di suhu yang hangat, lalu kristal - kristal madu tersebut akan meleleh dan madu masih bisa untuk dimakan.

 

  • Beras

Beras juga merupakan salah satu jenis makanan yang hampir tidak memiliki masa kadaluarsa. Hal ini dikarenakan beras memiliki masa ketahanan selama 30 tahun lamanya dengan berada di suhu yang dingin dan minim oksigen. 

Sangat cocok untuk dijadikan sebagai stok bahan makanan untuk jangka waktu yang cukup lama. 

 

  • Garam

Garam selain berfungsi sebagai bahan baku dari makanan olahan sehari - hari, garam juga bisa menjadi bahan stok makanan untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini dikarenakan garam tidak memiliki masa kadaluarsa seperti layaknya makanan lain. Garam bahkan bisa bertahan lebih dari bertahun tahun lamanya tanpa menimbulkan jamur dan bakteri. Cukup meletakkannya di suhu yang normal dan tempat yang tertutup, garam dapat bertahan dalam kondisi yang baik tanpa adanya gangguan bakteri atau jamur. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x