Tipe-Tipe Toxic Partner Yang Perlu Anda Ketahui, Jauhi atau Perbaiki?

- 10 April 2021, 13:56 WIB
Toxic Relationship
Toxic Relationship /Pexels/Vera Arsic. /

 

JAKSELNEWS.COM - Toxic relationship pada akhirnya dapat berdampak negatif pada well being seseorang, baik psikologis maupun fisik. Hubungan yang membahayakan salah satu atau kedua pihak terutama meningkat setelah harus terus berada di rumah selama pandemi. 

Hubungan yang toxic ditandai dengan adanya perilaku dari salah satu pihak yang mengakibatkan dampak negatif pada keadaan psikologis maupun fisik pada pasangannya. Toxic relationship dapat diibaratkan seperti berada dalam tempat yang tidak aman.

Insecurity, dominasi, kendali yang berlebihan, serta egoisme merupakan beberapa ciri dari toxic relationship. Keadaan ini berbeda dengan hubungan yang sehat yang ditandai dengan adanya rasa saling menghargai, empati, serta kepedulian pada pasangan. 

Baca Juga: Alibaba Kena Denda Sebesar Rp 40 Triliun

Dalam setiap hubungan, sebenarnya kedua pihak sama-sama berperan dalam menciptakan hubungan yang sehat ataupun hubungan yang tidak sehat. Dalam hubungan yang tidak sehat akan selalu ada disfungsi norma yang mungkin disadari ataupun tidak disadari kedua pihak. 

Tidak hanya kekerasan fisik saja, berikut beberapa tipe pasangan toxic yang dapat menyebabkan Anda berada dalam situasi hubungan yang tidak sehat:

1. Suka Merendahkan Anda

Tipe pasangan seperti ini akan selalu merendahkan Anda dan mengolok-olok Anda, terutama terkait opini atau cara Anda mengekspresikan ide Anda. Mereka bahkan tidak segan mempermalukan Anda di ruang publik. 

Baca Juga: Penambangan Bitcoin Justru Datangkan Masalah Konsumsi Energi dan Emisi Karbon di China

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x