Ini 6 Minuman Penurun Darah Tinggi yang Perlu Kamu Ketahui

- 17 Maret 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi - Salah satu penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mengonsumsi jus tomat tanpa gula setiap hari dapat mencegah penyakit jantung.
Ilustrasi - Salah satu penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mengonsumsi jus tomat tanpa gula setiap hari dapat mencegah penyakit jantung. /Pixabay/PublicDomainPictures

JAKSELNEWS.COM - Kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi bagi lansia sangatlah mengkhawatirkan. Namun, tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja tidak laki-laki, perempuan, orang tua dan muda. 

Dikutip dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang melansir dari data World Health Organization (WHO), pada 2015 lalu terdapat sekitar 1,13 miliar orang di dunia terkena hipertensi.

Perlu diketahui, seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darah di atas 180/120. Tekanan darah tinggi bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti stroke dan jantung. 

Salah satu cara mengontrol tekanan darah tinggi yaitu dengan menerapkan pola makan atau minum yang tepat. Hal ini dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran sehat, tanpa efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Kuaci untuk Kesehatan Tubuh

Melansir dari alodokter, tekanan darah tinggi juga perlu dikelola dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman penurun darah tinggi.

Berikut beberapa minuman penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi guna menjaga tekanan darah tetap stabil:

1.Jus beri

Buah beri, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid yang tinggi. Senyawa ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, kamu bisa coba konsumsi jus beri sebagai minuman penurun darah tinggi. Namun, ingat, konsumsinya jangan ditambahkan pemanis apa pun.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x