Jurnal Harian Demi Kepuasan Hidup dan Rasa Bersyukur

- 10 Agustus 2020, 17:38 WIB
Ilustrasi mahasiswa dan tumpukan buku
Ilustrasi mahasiswa dan tumpukan buku /(Pixabay)

Jakselnews.com - Hasil penelitian oleh Işık, Şerife & Ergüner-Tekinalp, Bengü pada 2017 yang melibatkan mahasiswa di Turki yang menulis daily reflective gratitude journal selama 3 minggu menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kebersyukuran, penyesuaian pada kehidupan kampus, kepuasan hidup, dan perasaan positif. 

Dikutip Jakselnews dari artikel journey.cloud berjudul What is a Journal, jurnal (journal) merupakan dokumen yang berisi tentang detil kejadian sehari-hari, ide, perasaan, pikiran sehari-hari maupun kenangan.

Tipe jurnal yang dapat dicoba seperti jurnal harian yang berisi kejadian-kejadian sehari-hari atau jurnal reflektif yang berisi pengalaman serta perasaan tertentu terkait pengalaman tersebut.

Baca juga: Benarkah Ngemil Sambil Menonton Sebabkan Obesitas?

Selain dua tipe jurnal tersebut, terdapat juga gratitude journal yang berisi hal-hal yang patut disyukuri hari ini, jurnal perjalanan yang berisi cerita perjalanan, serta jurnal mimpi yang berisi tentang tema dan pola mimpi dari waktu ke waktu. 

Jurnal dapat menjadi “tempat rahasia” yang menyimpan ide, pikiran, maupun perasaan pribadi yang dialami setiap hari. Dalam bukunya berjudul “Embracing Fear”, Thom Rutledge juga menceritakan tentang penulisan jurnal yang bermanfaat selama proses terapi. Menulis jurnal dapat berperan sebagai sesi terapi pribadi dimana penulis dapat mengenali pikiran perasaannya. 

Selain itu, dikutip Jakselnews dari artikel journey.cloud berjudul Top 8 Benefits to Keep a Journal or a Diary, jurnal dapat membuat pikiran lebih terorganisir, terutama terkait dengan pengalaman, kejadian, perasaan, maupun opini terhadap sesuatu.

Menulis jurnal juga dapat melepaskan stres, menjadi pengingat atas ide-ide yang sempat terpikrkan, serta membantu penulis untuk membuat dan mencapai tujuan. Jurnal juga membantu refleksi diri atas apa yang dapat disyukuri tentang hari ini atau makna dari kejadian dan pengalaman yang terjadi hari ini.

Dengan menulis jurnal harian, kreativitas, ingatan, serta kemampuan menulis juga dapat semakin terasah. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x